Pages

Monday, November 14, 2011

Randi Alfin Liembers
17110400
5KA25

Tugas Soft skill : Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Melonjaknya angka penduduk di Jakarta pasca Lebaran

Penduduk DKI Jakarta diprediksi melonjak sebanyak 60 ribu jiwa. 3 juta jiwa warga Jakarta yang mudik membawa sanak saudaranya ke ibukota untuk mengadu nasib. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengancam akan memulangkan kaum urban yang tidak punya kerjaan di Jakarta.
Sudah jadi tradisi arus balik perayaan Idul Fitri di ikuti ledakan jumlah penduduk di Jakarta. Masyarakat Ibukota yang mudik saat Lebaran, datang ke Jakarta lagi dengan menyertakan sanak saudaranya, untuk ikut mengadu nasib di Jakarta.Gubernur DKI Jakarta mencatat masyarakat Jakarta yang mudik ke beberapa daerah di Jawa dan Sumatera tahun ini mencapai. Pasca Lebaran penduduk di Jakarta dipastikan bakal makin padat. Di prediksi 60 ribu jiwa kaum urban bakal masuk Ibukota untuk ikut mengadu nasib, mengais rejeki di Jakarta. Jika diamati sejak tiga tahun terakhir memang tren urbanisasi pasca Lebaran menurun. Namun penurunan angka urbanisasi itu tidak selamanya berarti baik.

Faktor Penyebab masyarakat mencari rejeki di kota-kota besar terjadi karena faktor ekonomi. Kondisi statis perekonomian di pedesaan merupakan faktor utama pemicu ledakan urbanisasi. Laju nadi ekonomi di pedesaan dianggap statis sebab setiap orang yang hendak menjalankan usaha tidak pernah di rancang secara terencana.
Seorang pedagang es keliling tidak pernah membayangkan bahwa setelah menjalankan usaha selama sepuluh tahun kemajuan apa saja yang harus dicapai. Mereka tetap menjalankan usaha tanpa sedikitpun peningkatan berarti. Usaha sekedar dimaksudkan untuk menyambung hidup.
Inilah karakter cara berusaha masyarakat di pedesaan. Cara berusaha semacam ini tentu tidak dapat diharapkan untuk memperbaiki taraf hidup. Kondisi yang demikian membuat sebagian besar orang-orang dari desa yang mengharapkan perubahan taraf hidup mulai memimpikan cara untuk dapat memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

Solusi :
Pemerintah harus melakukan pemerataan lapangan dan pembangunan di setiap daerah sehingga masyarakat pedesaan tidak terpusat di kota besar saja. Pemerintah juga harus melakukan pengadaan pelatihan-pelatihan di bidang-bidang spesifik, tujuannya untuk meningkatkan skill individu di setiap daerah agar masyarakat yang tinggal di pedesaan dapat menciptakan pekerjaan sendiri.

No comments:

Post a Comment